Sabtu, 03 Oktober 2015

contoh krya ilmia



        Kata pengantar
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa,yang telah memberikan berkat,rahmat,.serta karunia-Nya,sehingga saya dapat menyelesai kan karya ilmiah sederhana ini
       Adapun maksud  dan tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah untuk  menghimbau siswa agar perduli akan lingkungan Mtsn Plandi Jombang sehingga lingkungan di Mtsn Plandi Jombang menjadi asri
      Namun dalam penyusunanya, saya menyadari masih banyak kekurangan dan jauh dari taraf kesempurnahan. Oleh karna itu,dengan rendah hati saya menanti saran dan kritik yang sifatnya membangun dari semua pembaca
      Dalam kesempatan ini perkenankanlah saya menyampaikan rasa terima kasih kepada yang terhormat :
vBapak Drs. M. Syahir S.pd ,selaku kepala sekolah Mtsn Plandi Jombang
vIbu Endang Sulistiyo Wati ,selaku guru bahasa indonesia

Harapan yang saya inginkan semoga karya tulis ini bermanfaat bagi pembaca




DAFTAR ISI
Judul halaman .........................................................................................................................
Kata pengantar .........................................................................................................................
Daftar isi ...................................................................................................................................

BAB I: PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang masalah ...........................................................................
1.2 Rumusan masalah ....................................................................................
1.3 Tujuan penulisan ......................................................................................
1.4 Manfaat penulisan ...................................................................................
BAB II: PEMBAHASAN

2.1 Komponen yang terkait dalam gerakan kebersihan lingkungan sekolah..
2.2 Proses .....................................................................................................
2.3 Kondisi ....................................................................................................
2.4 Perawatan ...............................................................................................
2.5 Manfaat ..................................................................................................
BAB III: PENUTUP

3.1 Kesimpulan .............................................................................................
3.2 Saran ......................................................................................................
 Daftar pustaka ............................................................







        
                                  BAB I
1.1 Latar Belakang Masalah
         Lingkungan merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat besar artinya bagi makhluk hidup. Lingkungan merupakan karunia Allah yang tidak ternilai. Tanpa adanya lingkungan maka tidak akan ada kehidupan. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melestarikan lingkungan sekitar dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara pelestarian tersebut adalah dengan pelaksanaan program penghijauan (reboisasi) secara terencana. Sebagai lembaga pendidikan yang berwawasan lingkungan, dalam beberapa tahun ini Mtsn Plandi Jombang telah menjalankan beberapa program pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Namun, karena kondisi sekolah yang kurang tanaman maka diperlukan upaya yang lebih ekstra. Berkaitan hal tersebut di atas, Mtsn Plandi Jombang bermaksud menyelenggarakan program penghijauan di lingkungan sekolah sebagai upaya pelestarian lingkungan. Dengan terlaksananya program ini, semoga dampak positifnya dapat dinikmati dalam jangka panjang pada beberapa tahun ke depan.
1.2 Rumusan Masalah
1.Siapa saja yang bertanggung jawab dalam program penghijauan di Mtsn Plandi Jombang?
2.Bagaimanakah proses pembentukan lingkungan penghijauan di Mtsn Plandi Jombang?
3.Bagaimanakah kondisi penghijauan di Mtsn Plandi Jombang?
4.Bagaimanakah perawatan lingkungan penghijauan di Mtsn Plandi Jombang?
5.Apa manfaat dari program penghijauan di Mtsn Plandi Jombang?
1.3 Tujuan Penulisan
1.Untuk mengetahui siapa saja yang bertanggung jawab dalam program penghijauan di Mtsn Plandi Jombang.
2.Untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan lingkungan penghijauan di Mtsn Plandi Jombang.
3.Untuk mengetahui bagaimana kondisi penghijauan di Mtsn Plandi Jombang.
4.Untuk mengetahui bagaimana perawatan lingkungan peghijauan di Mtsn Plandi Jombang.
5.Untuk mengetahui apa manfaat dari program penghijauan di Mtsn Plandi Jombang.
1.4 Manfaat Penulisan
        Dengan adanya penerapan penghijauan lingkungan sekolah diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan hidup di wilayah Indonesia. Di samping adanya kesadaran siswa yang tinggi dalam memelihara dan melestarikan lingkungan hidup dalam rangka mengantisipasi  dari segala bentuk pengrusakan dan pencemaran lingkungan.


























BAB II
2.1 Komponen yang terkait dalam gerakan kebersihan lingkungan sekolah
          Komponen yang bertanggung jawab langsung dengan penghijauan di lingkungan sekolah adalah siswa serta pembantu pelaksana atau pesuruh sekolah, sedangkan kepala sekolah dan sebagai guru pembina, pengarah serta ikut mengawasi kegiatan yang dilakukan oleh petugas tersebut.
2.2 Proses
          Hal yang perlu dilakukan dalam penghijauan adalah:

·         Pengelolaan sampah
·         Penghijauan
·         Perawatan fisik bangunan dan lingkungan
·         Sekolah menjadi pusat penghijauan yang bermanfaat bagi lingkungan
2.3 Kondisi
       Kondisi Penghijauan di Mtsn Plandi Jombang berjalan dengan lancar. Sehingga lingkungan menjadi hijau, asri, sehat, bersih dan terjaga.
2.4 Perawatan
          Cara agar lingkungan tetap terjaga adalah:

·         Jangan memetik, memangkas, merusak tanaman yang ada.
·         Dilarang menginjak, bermain di taman rumput dan taman hias yang mengakibatkan rumput-rumput itu mati.
·         Dilarang membuang sampah pada tanaman.
·         Dilakukan kerja bakti untuk membersihkan sampah sehingga taman terlihat indah.
·         Di taman sekolah diupayakan agar terawat dengan cara menyapu, menyiram, meberi pupuk sehingga bertambah subur.
·         Berilah obat pembasmi hama sehingga tanaman tidak terganggu pertumbuhannya.
·         2.5 Manfaat
·                 Membangun kesadaran siswa agar mempunyai wawasan lingkungan yang luas merupakan “pilar” dalam menjaga kondisi lingkungan benar-benar jauh dari berbagai sumber pengrusakan dan pencemaran lingkungan. Sebab, pada dasarnya masalah lingkungan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan disebabkan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri. 
·          
·               Dengan pola pendidikan, melalui institusi pendidikan ataupun dengan penyuluhan langsung ke  siswa secara sungguh-sungguh akan terciptalah akar budaya masyarakat yang mempunyai kesadaran lingkungan yang tinggi. Artinya, etika lingkungan akan menjadi pondasi dalam setiap pembangunan di Indonesia.
·         BAB III
·         3.1 Kesimpulan
·                 Dengan program penghijauan lingkungan sekolah ini, sehingga kita dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan KBM dengan status dalam ruang atau luar ruang.
          Lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam menghasilkan tamatan yang cakap melalui proses belajar mengajar berbasis sistem pendidikan yang bermutu. Tidak itu saja, lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang pada saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa dimata dunia sekaligus melestarikan kekayaan sumber daya alam hayati Indonesia.
·         3.2 Saran
       Mari kita mempertahankan dan meningkatkan penghijaun ataupun kebersihan di lingkungan sekolah dengan cara bakti setiap minggu sekali yaitu pada hari jumat pagi








 DAFTAR PUSTAKA

Febri, 2012. Penghijauan di lingkungan sekolah. http://febriretnow.blogspot.com/ ,di akses 18 Desember 2014

Spenda, 2011. Proyek penghijauan. http://smpn2pamulihan.blogspot.com/ ,di akses 18 Desember 2014

Scribd,2010.Penghijauan. http://www.scribd.com/ ,di akses 18 Desember 2014

Ilman, 2013. Program penghijauan di lingkungan sekolah.

http://ilmanzblog.blogspot.com/ , di akses 18 Desember 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar