Kata pengantar
Dengan mengucapkan puji syukur
kehadirat Tuhan yang Maha Esa,yang telah memberikan berkat,rahmat,.serta
karunia-Nya,sehingga saya dapat menyelesai kan karya ilmiah sederhana ini
Adapun maksud dan tujuan dari
penulisan karya tulis ini adalah untuk
menghimbau siswa agar perduli akan lingkungan Mtsn Plandi Jombang
sehingga lingkungan di Mtsn Plandi Jombang menjadi asri
Namun dalam penyusunanya, saya menyadari masih banyak kekurangan dan
jauh dari taraf kesempurnahan. Oleh karna itu,dengan rendah hati saya menanti
saran dan kritik yang sifatnya membangun dari semua pembaca
Dalam kesempatan ini perkenankanlah saya
menyampaikan rasa terima kasih kepada yang terhormat :
vBapak Drs. M. Syahir S.pd
,selaku kepala sekolah Mtsn Plandi Jombang
vIbu Endang Sulistiyo Wati
,selaku guru bahasa indonesia
Harapan yang saya inginkan semoga karya tulis ini bermanfaat
bagi pembaca
DAFTAR ISI
Judul halaman
.........................................................................................................................
Kata pengantar .........................................................................................................................
Daftar isi
...................................................................................................................................
BAB I: PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang masalah
...........................................................................
1.2 Rumusan masalah ....................................................................................
1.3 Tujuan penulisan ......................................................................................
1.4 Manfaat penulisan ...................................................................................
1.2 Rumusan masalah ....................................................................................
1.3 Tujuan penulisan ......................................................................................
1.4 Manfaat penulisan ...................................................................................
BAB II: PEMBAHASAN
2.1 Komponen yang terkait dalam
gerakan kebersihan lingkungan sekolah..
2.2 Proses .....................................................................................................
2.3 Kondisi ....................................................................................................
2.4 Perawatan ...............................................................................................
2.5 Manfaat ..................................................................................................
2.2 Proses .....................................................................................................
2.3 Kondisi ....................................................................................................
2.4 Perawatan ...............................................................................................
2.5 Manfaat ..................................................................................................
BAB III: PENUTUP
3.1 Kesimpulan .............................................................................................
3.2 Saran ......................................................................................................
3.2 Saran ......................................................................................................
Daftar pustaka ............................................................
BAB
I
1.1
Latar Belakang Masalah
Lingkungan merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat besar artinya bagi
makhluk hidup. Lingkungan merupakan karunia Allah yang tidak ternilai. Tanpa
adanya lingkungan maka tidak akan ada kehidupan. Oleh karena itu diperlukan
upaya untuk melestarikan lingkungan sekitar dengan sebaik-baiknya. Salah satu
cara pelestarian tersebut adalah dengan pelaksanaan program penghijauan
(reboisasi) secara terencana. Sebagai lembaga pendidikan yang berwawasan
lingkungan, dalam beberapa tahun ini Mtsn Plandi Jombang telah menjalankan
beberapa program pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Namun, karena kondisi
sekolah yang kurang tanaman maka diperlukan upaya yang lebih ekstra. Berkaitan
hal tersebut di atas, Mtsn Plandi Jombang bermaksud menyelenggarakan program
penghijauan di lingkungan sekolah sebagai upaya pelestarian lingkungan. Dengan
terlaksananya program ini, semoga dampak positifnya dapat dinikmati dalam
jangka panjang pada beberapa tahun ke depan.
1.2 Rumusan Masalah
1.Siapa saja yang
bertanggung jawab dalam program penghijauan di Mtsn Plandi Jombang?
2.Bagaimanakah proses
pembentukan lingkungan penghijauan di Mtsn Plandi Jombang?
3.Bagaimanakah kondisi
penghijauan di Mtsn Plandi Jombang?
4.Bagaimanakah perawatan
lingkungan penghijauan di Mtsn Plandi Jombang?
5.Apa manfaat dari
program penghijauan di Mtsn Plandi Jombang?
1.3 Tujuan Penulisan
1.Untuk mengetahui siapa
saja yang bertanggung jawab dalam program penghijauan di Mtsn Plandi Jombang.
2.Untuk mengetahui
bagaimana proses pembentukan lingkungan penghijauan di Mtsn Plandi Jombang.
3.Untuk mengetahui
bagaimana kondisi penghijauan di Mtsn Plandi Jombang.
4.Untuk mengetahui
bagaimana perawatan lingkungan peghijauan di Mtsn Plandi Jombang.
5.Untuk mengetahui apa
manfaat dari program penghijauan di Mtsn Plandi Jombang.
1.4 Manfaat Penulisan
Dengan adanya penerapan penghijauan lingkungan sekolah diharapkan bisa menjadi
salah satu alternatif dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan hidup
di wilayah Indonesia. Di samping adanya kesadaran siswa yang tinggi dalam
memelihara dan melestarikan lingkungan hidup dalam rangka mengantisipasi
dari segala bentuk pengrusakan dan pencemaran lingkungan.
BAB II
2.1
Komponen yang terkait dalam gerakan kebersihan lingkungan sekolah
Komponen yang bertanggung jawab langsung dengan penghijauan di lingkungan
sekolah adalah siswa serta pembantu pelaksana atau pesuruh sekolah, sedangkan
kepala sekolah dan sebagai guru pembina, pengarah serta ikut mengawasi kegiatan
yang dilakukan oleh petugas tersebut.
2.2
Proses
Hal yang perlu dilakukan dalam penghijauan adalah:
·
Pengelolaan
sampah
·
Penghijauan
·
Perawatan
fisik bangunan dan lingkungan
·
Sekolah
menjadi pusat penghijauan yang bermanfaat bagi lingkungan
2.3
Kondisi
Kondisi Penghijauan di Mtsn Plandi Jombang berjalan dengan lancar. Sehingga
lingkungan menjadi hijau, asri, sehat, bersih dan terjaga.
2.4 Perawatan
Cara agar
lingkungan tetap terjaga adalah:
·
Jangan memetik, memangkas, merusak
tanaman yang ada.
·
Dilarang menginjak, bermain di taman
rumput dan taman hias yang mengakibatkan rumput-rumput itu mati.
·
Dilarang membuang sampah pada tanaman.
·
Dilakukan kerja bakti untuk membersihkan
sampah sehingga taman terlihat indah.
·
Di taman sekolah diupayakan agar terawat
dengan cara menyapu, menyiram, meberi pupuk sehingga bertambah subur.
·
Berilah obat pembasmi hama sehingga
tanaman tidak terganggu pertumbuhannya.
·
2.5 Manfaat
·
Membangun kesadaran siswa agar mempunyai wawasan
lingkungan yang luas merupakan “pilar” dalam menjaga kondisi lingkungan
benar-benar jauh dari berbagai sumber pengrusakan dan pencemaran lingkungan.
Sebab, pada dasarnya masalah lingkungan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan
disebabkan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri.
·
·
Dengan pola pendidikan, melalui institusi pendidikan ataupun dengan penyuluhan
langsung ke siswa secara sungguh-sungguh akan terciptalah akar budaya
masyarakat yang mempunyai kesadaran lingkungan yang tinggi. Artinya, etika
lingkungan akan menjadi pondasi dalam setiap pembangunan di Indonesia.
·
BAB III
·
3.1
Kesimpulan
·
Dengan program penghijauan lingkungan sekolah ini, sehingga kita dapat
menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses
pelaksanaan KBM dengan status dalam ruang atau luar ruang.
Lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam menghasilkan tamatan yang cakap melalui proses belajar mengajar berbasis sistem pendidikan yang bermutu. Tidak itu saja, lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang pada saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa dimata dunia sekaligus melestarikan kekayaan sumber daya alam hayati Indonesia.
Lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam menghasilkan tamatan yang cakap melalui proses belajar mengajar berbasis sistem pendidikan yang bermutu. Tidak itu saja, lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang pada saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa dimata dunia sekaligus melestarikan kekayaan sumber daya alam hayati Indonesia.
·
3.2
Saran
Mari kita mempertahankan dan
meningkatkan penghijaun ataupun kebersihan di lingkungan sekolah dengan cara
bakti setiap minggu sekali yaitu pada hari jumat pagi
DAFTAR PUSTAKA
Febri,
2012. Penghijauan di lingkungan sekolah. http://febriretnow.blogspot.com/ ,di
akses 18 Desember 2014
Spenda, 2011. Proyek penghijauan. http://smpn2pamulihan.blogspot.com/ ,di akses 18 Desember 2014
Scribd,2010.Penghijauan. http://www.scribd.com/ ,di akses 18 Desember 2014
Ilman, 2013. Program penghijauan di lingkungan sekolah.
http://ilmanzblog.blogspot.com/
, di akses 18 Desember 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar